|
Metode dan Algoritma | Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta melalui form di samping kanan !!!
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Setiap saat, kapan pun dan di mana pun, manusia selalu berkomunikasi. Tanpa melihat jenis kelamin, faktor usia ataupun strata sosial. Berkomunikasi adalah sebuah jembatan yang dapat menghubungkan maksud dan tujuan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tanpa berkomunikasi manusia tidak dapat memberikan pengertian tentang apa yang mereka inginkan atau yang mereka harapkan dari lawan bicara mereka.
Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk mendapatkan informasi. Informasi memegang peranan yang sangat penting, terbukti dengan banyaknya media informasi yang lahir untuk memenuhi kebutuhan informasi, dari yang berbentuk koran, majalah, tabloid, buletin, internet dan intranet.
Informasi pada era ini bukan hanya kebutuhan yang bersifat pelengkap kehidupan tetapi sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat modern saat ini yang menuntut mereka selalu terkini dalam informasi. Salah satu media penginformasi yang dapat diakses kapan saja adalah internet, melalui jaringan ini pencari informasi dapat mengakses informasi secara luas dan tak terbatas oleh jarak dan waktu.
Sedikit berbeda dengan internet yang ditujukan untuk seluruh kalangan penikmat informasi atau khalayak umum, intranet lebih dikhususkan untuk kalangan tertentu seperti sebuah instansi atau perusahaan yang informasinya hanya ditujukan untuk manajemen dan karyawan perusahaan.
Informasi sangat diperlukan untuk perusahaan yang independen tetapi saling berhubungan, akses informasi yang bersifat pemberitahuan atau pengumuman sangat diperlukan karena setiap negara memiliki tradisi dan kebiasan masing-masing, bahkan informasi kecil tapi vital adalah informasi perbedaan waktu setiap negara sangat mempengaruhi kegiatan pekerjaan karena meskipun berkonsep desentralisasi kantor cabang masih harus melaporkan jalannya kegiatan organisasi terutama untuk pengembangan bisnis atau instruksi dari kantor sentral. Kantor cabang masih sangat memerlukan masukan kantor pusat, referensi pekerjaan seperti masalah acuan atau hitungan internasional yang berhubungan dengan pekerjaan yang bersifat tekhnik juga masih memerlukan diskusi. Selain itu berbagi informasi yang up to date per negara juga penting untuk menginformasikan suasana yang sedang berkembang dan terjadi di negara tersebut bisa dalam bentuk kegiatan internal karyawan, atau kejadian penting di sebuah negara.
Salah satu organisasi yang memiliki fasilitas intranet untuk menunjang kemudahan akses informasi adalah organisasi nirlaba internasional ChildFund Indonesia yang bergerak dalam bidang sponsorship anak-anak. Kantor Pusat ChildFund Indonesia ada di Richmond, Amerika Serikat. Kantor afiliasi ada di beberapa negara maju yang merupakan asal sponsor-sponsor, seperti Prancis, Jerman, Australia, New Zealand, Swedia, Denmark. Sedangkan kantor nasional umumnya ada di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Angola, Timor Leste, Philipina, India dan Thailand, serta beberapa negara ketiga lainnya.
Dikarenakan cakupan geografis organisasi ChildFund (CF) yang luas dan tersebar di beberapa negara, maka diperlukan media informasi yang menghubungkan komunikasi di antara anggota lembaga tersebut. Untuk itu diluncurkan media intranet “The Hub” oleh Childfund USA, semua karyawan ChildFund di belahan dunia memiliki password masing-masing untuk mengasksesnya. Semua informasi tentang CF bisa di akses, namun untuk upload informasi hanya administator yang bisa melakukannya. The Hub membantu karyawan dalam memenuhi kebutuhan informasi akan kebijakan, perubahan, penambahan karyawan, lowongan, program-program terbaru, dan sebagainya.
Kenyataan yang terjadi di lapangan adalah beberapa pengguna “The Hub” dari CF Indonesia Jakarta yang menyatakan sangat terbantu dan mereka merasa puas atas media tersebut karena dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka. Tetapi untuk menyimpulkan efektivitas media “The Hub” tersebut secara menyeluruh diperlukan penelitian lebih lanjut yang melibatkan sampel yang lebih luas. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai “Efektivitas Media Intranet "The Hub" Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas terdapat masalah mengenai efektivitas media intranet "The Hub" khususnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta, maka dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana tingkat pemuasan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta?
2. Bagaimana efektivitas media intranet "The Hub" dalam pemenuhan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab perumusan masalah di atas, yaitu:
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Setiap saat, kapan pun dan di mana pun, manusia selalu berkomunikasi. Tanpa melihat jenis kelamin, faktor usia ataupun strata sosial. Berkomunikasi adalah sebuah jembatan yang dapat menghubungkan maksud dan tujuan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tanpa berkomunikasi manusia tidak dapat memberikan pengertian tentang apa yang mereka inginkan atau yang mereka harapkan dari lawan bicara mereka.
Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk mendapatkan informasi. Informasi memegang peranan yang sangat penting, terbukti dengan banyaknya media informasi yang lahir untuk memenuhi kebutuhan informasi, dari yang berbentuk koran, majalah, tabloid, buletin, internet dan intranet.
Informasi pada era ini bukan hanya kebutuhan yang bersifat pelengkap kehidupan tetapi sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat modern saat ini yang menuntut mereka selalu terkini dalam informasi. Salah satu media penginformasi yang dapat diakses kapan saja adalah internet, melalui jaringan ini pencari informasi dapat mengakses informasi secara luas dan tak terbatas oleh jarak dan waktu.
Sedikit berbeda dengan internet yang ditujukan untuk seluruh kalangan penikmat informasi atau khalayak umum, intranet lebih dikhususkan untuk kalangan tertentu seperti sebuah instansi atau perusahaan yang informasinya hanya ditujukan untuk manajemen dan karyawan perusahaan.
Informasi sangat diperlukan untuk perusahaan yang independen tetapi saling berhubungan, akses informasi yang bersifat pemberitahuan atau pengumuman sangat diperlukan karena setiap negara memiliki tradisi dan kebiasan masing-masing, bahkan informasi kecil tapi vital adalah informasi perbedaan waktu setiap negara sangat mempengaruhi kegiatan pekerjaan karena meskipun berkonsep desentralisasi kantor cabang masih harus melaporkan jalannya kegiatan organisasi terutama untuk pengembangan bisnis atau instruksi dari kantor sentral. Kantor cabang masih sangat memerlukan masukan kantor pusat, referensi pekerjaan seperti masalah acuan atau hitungan internasional yang berhubungan dengan pekerjaan yang bersifat tekhnik juga masih memerlukan diskusi. Selain itu berbagi informasi yang up to date per negara juga penting untuk menginformasikan suasana yang sedang berkembang dan terjadi di negara tersebut bisa dalam bentuk kegiatan internal karyawan, atau kejadian penting di sebuah negara.
Salah satu organisasi yang memiliki fasilitas intranet untuk menunjang kemudahan akses informasi adalah organisasi nirlaba internasional ChildFund Indonesia yang bergerak dalam bidang sponsorship anak-anak. Kantor Pusat ChildFund Indonesia ada di Richmond, Amerika Serikat. Kantor afiliasi ada di beberapa negara maju yang merupakan asal sponsor-sponsor, seperti Prancis, Jerman, Australia, New Zealand, Swedia, Denmark. Sedangkan kantor nasional umumnya ada di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Angola, Timor Leste, Philipina, India dan Thailand, serta beberapa negara ketiga lainnya.
Dikarenakan cakupan geografis organisasi ChildFund (CF) yang luas dan tersebar di beberapa negara, maka diperlukan media informasi yang menghubungkan komunikasi di antara anggota lembaga tersebut. Untuk itu diluncurkan media intranet “The Hub” oleh Childfund USA, semua karyawan ChildFund di belahan dunia memiliki password masing-masing untuk mengasksesnya. Semua informasi tentang CF bisa di akses, namun untuk upload informasi hanya administator yang bisa melakukannya. The Hub membantu karyawan dalam memenuhi kebutuhan informasi akan kebijakan, perubahan, penambahan karyawan, lowongan, program-program terbaru, dan sebagainya.
Kenyataan yang terjadi di lapangan adalah beberapa pengguna “The Hub” dari CF Indonesia Jakarta yang menyatakan sangat terbantu dan mereka merasa puas atas media tersebut karena dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka. Tetapi untuk menyimpulkan efektivitas media “The Hub” tersebut secara menyeluruh diperlukan penelitian lebih lanjut yang melibatkan sampel yang lebih luas. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai “Efektivitas Media Intranet "The Hub" Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas terdapat masalah mengenai efektivitas media intranet "The Hub" khususnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta, maka dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana tingkat pemuasan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta?
2. Bagaimana efektivitas media intranet "The Hub" dalam pemenuhan kebutuhan informasi karyawan ChildFund Indonesia di Jakarta?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab perumusan masalah di atas, yaitu:
ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :
Judul: Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Anda sedang membaca artikel tentang
Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta, Semoga artikel tentang Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link
Efektivitas Media Intranet The Hub Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan ChildFund Indonesia Di Jakarta.