|
Metode dan Algoritma | Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika melalui form di samping kanan !!!
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Kurangnya
pengetahuan masyarakat terhadap kebudayaan bangsa sendiri dan semakin cepatnya
pertumbuhan kebudayaan dari luar negeri yang masuk ke dalam negeri, mengakibatkan
masyarakat muda tidak lagi peduli terhadap kebudayaan bangsa sendiri.
Masyarakat pada jaman sekarang ini lebih banyak mempelajari kebudayaan dari
luar di bandingkan dengan kebudayaan bangsa sendiri. Salah satunya adalah dalam dunia musik. Anak remaja jaman sekarang lebih banyak
memainkan alat musik dari luar negeri dibandingkan alat musik daerah. Salah
satu alat musik daerah yang mulai ditinggalkan oleh kaum muda adalah calung. Calung
adalah alat musik sunda yang merupakan pembaharuan dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara
menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan,bilah) dari ruas-ruas
(tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada).
Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi
wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang
berwarna putih). Untuk lebih mudah memperkenalkan alat musik Calung kepada generasi muda, ada
baiknya diperkenalkan melalui permainan video game. Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan
antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Game yang dirancang adalah sebuah game berjenis music video
game yaitu game yang tipe
permainannya diiringi oleh musik dan pemain harus menekan tombol yang benar
pada saat yang tepat. Pemilihan jenis game
ini didasari oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap alat musik daerah. Game
yang dirancang memiliki kemiripan cara bermain dengan game “Drum Mania” seperti yang terlihat pada gambar 1. Game yang
dirancang memiliki persamaan dalam penekanan tombol pada saat yang tepat serta
memiliki perbedaan dalam aliran jenis musik yang digunakan. Dalam game ini terdapat 7 (tujuh) tombol garis
yang harus di tekan. Tombol dapat dilihat pada lampiran 3. Dalam game ini juga terdapat pengumpulan point yang
harus di kumpulkan.
1.2. Rumusan
Rancangan
Perancangan music video game menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 dengan bahasa pemrograman Action Script 3.0 dan pembuatan tampilan antarmuka dan grafis
menggunakan Adobe Photoshop CS2. Control
dalam game ini menggunakan keyboard untuk memilih dan menekan
tombol sesuai dengan tombol garis yang muncul.
1.3. Batasan
Rancangan
Beberapa batasan
rancangan yang ditentukan dalam game ini
adalah:
1.
Game hanya dapat
dimainkan oleh satu pemain saja.
2.
Game hanya dapat dijalankan
pada komputer dengan sistem operasi Windows
XP.
3.
Game yang dirancang bersifat offline.
4.
Game yang dirancang
memiliki tampilan 2 Dimensi.
5.
Game
yang dirancang tidak memiliki fasilitas save
atau load game.
6.
Game yang
dirancang memiliki 3 tingkat kesulitan, dimulai dari easy, medium, dan hard.
1.4. Spesifikasi
Rancangan
Game
music video game ILK Calung(i like calung) yang akan dirancang
mempunyai beberapa modul. Modul-modul yang akan dirancang diantaranya adalah modul main menu atau modul awal, modul play atau permainan,
modul help atau bantuan, modul credit, modul game over dan modul exit.
Spesifikasi rancangan modul-modul pada game
music video game ILK Calung ini adalah sebagai berikut:
1.
Modul main menu
Modul ini merupakan
modul tampilan awal. Didalam modul ini terdapat pilihan menu play, help, dan exit.
2.
Modul play
Modul ini
merupakan modul tempat dimulainya permainan.
3.
Modul help
Modul ini berisi
bantuan kontrol yang digunakan pada game.
4.
Modul credit
Modul ini berisi nama-nama orang yang telah
berpartisipasi dalam membantu perancangan game
music video game ILK Calung.
5.
Modul game over
Modul ini muncul jika pemain tidak dapat menyelesaikan
permainan.
6.
Modul exit
Modul ini muncul jika pemain menekan pilihan exit pada modul main menu. Modul ini berguna untuk keluar dari permainan.
1.5. Tujuan
dan kegunaan rancangan
Perancangan game music video game ILK
Calung ini bertujuan untuk menghasilkan game
yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap alat musik daerah
yang sudah mulai pudar, selain itu juga untuk memperkenalkan dan mengajarkan
remaja-remaja muda cara memainkan alat musik calung. Game ini ditargetkan untuk semua kalangan, namun lebih ditujukan
kepada anak-anak agar belajar tentang sejarah dan lebih mengenal kebudayaan
bangsa.
BAB II
LANDASAN TEORITIK
2.1. Sistem yang dirancang
Sistem yang
dirancang dalam tahap pembuatan game ini adalah game dengan jenis music video
game. Rancangan game menggunakan
program aplikasi Adobe Flash CS3 dengan
menggunakan bahasa pemrograman Action Script
3.0, yang ditujukan untuk sistem operasi Microsoft
Windows. Permainan dimainkan secara offline
dengan jumlah pemain satu orang atau single
player. Alur game dapat di lihat pada gambar 2.
2.2.
Dasar Teori
Dasar
teori yang berkaitan dengan sistem yang dirancang untuk video game ini adalah video game, music video game,
game play, background, music, control,
sound, scoring.
2.2.1.
Video Game
Video Game adalah permainan yang
melakukan interaksi antarmuka dengan pengguna melalui gambar yang dihasilkan
oleh piranti video. Kata "video" pada "video game" awalnya merujuk pada sebuah alat yang menampilkan tampilan raster. Namun dengan semakin
dipakainya istilah "video game", kini kata video game dapat digunakan untuk
menyebut permainan yang menggunakan alat untuk menghasilkan tampilan apapun. Biasanya
video game menyediakan sistem
penghargaan, salah satu contohnya adalah perhitungan dengan skor atau nilai yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh pemain dalam menyelesaikan
tugas-tugas yang ada di dalam permainan. Sistem
elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform,
contohnya adalah komputer pribadi atau console
permainan lainnya. Berdasarkan
tipe permainannya, video game terbagi
beberapa jenis yaitu:
1.
Board game, game jenis ini merupakan simulasi dari permainan
yang menggunakan “papan permainan”. Contoh
dari game ini: permainan ludo seperti yang terlihat pada gambar 3.
2.
Flight Simulation, game jenis
ini berfokus pada cara menerbangkan sebuat pesawat dan mengendalikannya. Contoh
dari game ini: Ace Combat seperti
yang terlihat pada gambar 4.
3.
Online Games, Online games terdiri dari
dua unsur utama, yaitu server dan client. Server adalah
penyedia layanan gaming yang merupakan basis agar client-client
dapat terhubung dan memainkan permainan dan melakukan komunikasi dengan baik.
Sedangkan client adalah pengguna
permainan dan memakai kemampuan server. Online game membutuhkan koneksi
jaringan internet agar dapat terhubung dengan orang lain. Contoh dari game ini : Ragnarok Online seperti yang terlihat pada gambar 5.
4.
Puzzle Games, game
jenis ini menggunakan taktik dalam permainannya. Contoh game Puzzle : Puzzle Game seperti yang terlihat pada gambar 6.
5.
Fighting Games, game jenis ini lebih berfokus pada action perkelahian satu melawan satu.
Contoh dari game ini: Tekken 6 seperti yang terlihat pada gambar 7.
6.
Role Playing Game, game jenis ini biasa disebut juga R.P.G. Game R.P.G mempunyai alur cerita dan lebih dititik beratkan
pada alur cerita tersebut. Game R.P.G
mempunyai cara pertarungan yang unik dibandingkan dengan tipe-tipe game
lainnya. Contoh dari game ini adalah Final Fantasy VII terlihat pada gambar 8.
7.
Racing Games, game
ini merupakan simulasi dari permaian balap mobil. Dalam game ini pemain bebas memilih mobil dan
dapat melakukan perubahan terhadap mobil terebut sesuka hati. Game ini lebih di
titik beratkan pada kecepatan mobil. Contoh dari game ini: Midnight Club seperti
yang terlihat pada gambar 9.
8.
Shooting Game, game jenis ini merupakan simulasi dari permainan
tembak menembak yang telah ada. Contoh dari game
ini: Time Crisis seperti yang
terlihat pada gambar 10.
9.
Sport Game, game jenis ini merupakan
game yang bertipe olah raga. Game jenis ini juga banyak di pertandingkan. Contoh
dari game ini: Winning Eleven seperti yang terlihat pada gambar 11.
10.
Educational Games, game
jenis ini berguna sebagai sarana untuk belajar, sehingga pembelajaran semakin
cepat. Contoh dari game ini: My Spanish Coach seperti yang terlihat
pada gambar 12.
2.2.2.
Music Video Game
Music
video game merupakan jenis game yang memiliki ciri khas berupa permainan yang para pemainnya
berinteraksi dengan lagu yang sedang dimainkan. Disebut
music video game karena pada saat dimainkan
game ini, pemain bergantung pada musik
yang sedang dimainkan.
Game music video popular pertama kali di Jepang, pada tahun
1996 pada console PlayStation. Permainan musik dan tari seperti Beatmania dan Dance Dance Revolution menyebar dengan cepat dan terdapat di
mana-mana. Ini menjadi daya tarik
tersendiri bagi negara Jepang.
2.2.3.
Gameplay
Dalam
sebuah game terdapat beberapa nilai bila ingin game tersebut di katakan
berhasil. Salah satu nilai teresebut adalah gameplay.
Gameplay dalam sebuah game
mempunyai peranan yang cukup penting. Gamplay
itu sendiri mempunyai cakupan yang cukup luas. Gameplay dapat berupa keseluruhan pengalaman yang didapatkan oleh
pemain ketika sedang memainkan game tereebut.
Gameplay meliputi kualitas gambar, jalan
cerita sebuah game, tingkat kesulitan
dari game, dan cara memainkan game tersebut.
Secara umum, gameplay didefinisikan
dengan tingkat kepuasan seorang pemain dalam memainkan game tersebut.
2.2.4.
Background
Background atau yang lebih dikenal dengan latar
belakang ini juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam pembuatan sebuah game. Dalam sebuah game, background dapat memberikan pengaruh terhadap game tersebut. Background dalam game
terkadang dapat membuat sebuah game
menjadi lebih menarik.
Jika dilihat dari sudut pandangnya, background dibagi menjadi 3 yaitu:
1.
Pandangan
Datar
Pandangan datar yang dimaksud adalah
pandangan yang hanya terdiri dari 2 dimensi yaitu panjang dan lebar.
2.
Pandangan
Isometri
Pandangan Isometri yang dimaksud adalah
pandangan tampak atas dengan sudut 45 derajat sehingga dapat memberikan kesan
kedalaman obyek dalam game.
3.
Pandangan
3 Dimensi
Pandangan 3 Dimensi yang dimaksud adalah
pandangan yang terdiri dari dimensi panjang, lebar dan tinggi.
2.2.5.
Musik
Musik adalah
bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi,
budaya dan selera seseorang. Definisi
sejati tentang musik juga bermacam-macam:
1.
Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera
pendengar.
2.
Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan
pendukungnya.
3.
Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh
seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati
yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik yang
digunakan dalam game ini merupakan musik dengan aliran daerah jawa. Namun terdapat juga musik untuk pop dan lain
sebagainya.
2.2.6.
Control
Control
adalah sebuah alat yang
digunakan untuk menggendalikan sesuatu. pada sebuah game, control memiliki
peran yang sangat penting. Sebuah game tidak
akan berjalan jika tidak ada control yang digunakan. Interaksi antara pemain
dengan sebuah game biasanya dilakukan
dengan bantuan beberapa alat misalnya keyboard
komputer, mouse atau joystick. Suatu game yang memiliki tampilan dan
gameplay yang bagus namun tidak memiliki control
yang user friendly dijamin akan
ditinggalkan oleh pemainnya, karena control
merupakan salah satu faktor yang dapat menarik pemain untuk memainkan game
tersebut.
2.2.7. Sound
Sound
atau biasa yang disebut suara memiliki peranan yang sangat penting, karena game yang dirancang bersifat music video game. Sound dalam game
merupakan faktor yang dapat menambah nilai dari suatu game. Sound umumnya lebih
dapat menjelaskan suatu gambar, animasi atau video. Dalam game, sound dibagi menjadi
2 yaitu background music dan sound
effect.
2.2.8.
Scoring
Penilaian
dalam game juga merupakan sebuah
nilai tambah untuk sebuah game,
karena dengan adanya penilaian maka seorang pemain akan berusaha untuk menjadi
yang terbaik atau tidak terkalahkan.Dasar dari penilaian atau scoring adalah
dari betul atau tidaknya seorang pemain berhasil menekan tombol yang harus ditekan
dengan benar dan tepat.
2.2.9.
Teori Calung
Calung adalah alat musik tradisional daerah Sunda
yang merupakan pembaharuan dari angklung. Berbeda dengan angklung yang
dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul
batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun (tabung bambu)
yang tersusun menurut titi laras (tangga nada). Jenis bambu untuk pembuatan
calung kebanyakan dari awi calung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat
dari awi tamen (bambu yang berwana putih). Pengertian calung selain sebagai
alat musik juga terdekat dengan
sebutan seni pertunjukan. Contoh untuk gambar calung dapat dilihat pada gambar 13.
ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :
Judul: Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
Anda sedang membaca artikel tentang
Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika, Semoga artikel tentang Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link
Contoh Proposal Tugas Akhir Informatika.