Metode & Algoritma | List Tutorials | Source Code | About | Sitemap
Konsultan Tesis
Bimbingan dan Konsultasi Tesis Informatika bersama team Project Graduate Indonesia. Konsultasi hanya untuk yang sudah me-Like FB kami (Silahkan LIKE tombol ini jika belum).
. Scroll kebawah untuk memasukan kode AntiSpam Protection. Hasil konsultasi akan kami kirimkan ke email Anda.

Faktor-Faktor Perilaku Konsumen




.


Metode dan Algoritma | Faktor-Faktor Perilaku Konsumen . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Faktor-Faktor Perilaku Konsumen melalui form di samping kanan !!!

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman dan dinamika masyarakat intelektual di Indonesia, belakang ini industri buku non-diktat menjadi semakin menarik untuk dibahas baik berdasarkan tema buku maupun pengarangnya. Bergantinya era kepemimpinan negara Indonesia dari era orde baru ke era reformasi memungkinkan buku-buku kategori non-diktat menjadi semakin beragam judulnya, termasuk jenis-jenis tema yang dahulu dilarang, seperti tema marxis dan buku-buku lain yang dianggap “menyimpang”.
Tetapi sayangnya, dari sekitar 550 penerbit yang ada sekarang sebagian besarnya masih menjadikan buku pelajaran sekolah sebagai tulang punggung bisnisnya dan hanya sebagian kecil penerbit yang menjadikan buku-buku non-diktat sebagai andalan bisnisnya, di mana pada umumnya mereka adalah penerbit yang sudah mapan. Dapat digambarkan, bahwa penerbit buku non-diktat yang sudah “mapan” tersebut, seperti misalnya “Mizan” yang didirikan pada tahun 1983, cenderung hanya membidik pasar pada kaum menengah ke atas, karena selain mereka memiliki anggaran untuk membeli buku, juga sebagian dari mereka merupakan kalangan terdidik yang memiliki tradisi membaca dan mengoleksi buku.
Menurut Indrawati (2000), bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 210 juta jiwa, sedangkan produk buku hanya sekitar 3500 judul pertahun dengan tiras kurang lebih 4000-5000 eksemplar tiap judulnya, maka akan tampak bahwa industri perbukuan kita tidak seimbang dengan jumlah pembaca apalagi dengan jumlah seluruh penduduk Indonesia, dan masalah klasik yang selalu ada adalah karena rendahnya minat baca masyarakat kita. Selain itu, peminat baca pun belum tentu memiliki keinginan untuk membeli, dikarenakan produk dapat dikonsumsi di tempat (membaca di toko buku), dapat dipinjam, dan bukan merupakan kebutuhan yang langsung habis dipakai.
Buku sedikit banyak menentukan cara berpikir dan cara bertindak seseorang. Selain itu, dalam buku terdapat prinsip moral dan norma-norma sosial yang ada pada penulis untuk ditransformasikan kepada pembaca. Sebagaimana diungkapkan oleh Taufik Abdullah (Sejarawan dan Ketua LIPI) dengan mengutip pendapat Daniel J. Boorstin, seorang sejarawan Amerika, bahwa buku bukan saja penjaga dan pencatat, tetapi juga landasan dari peradaban. Menurut beliau, melarang buku juga berarti menghalangi tegaknya sebuah peradaban yang membawa kesamaan nilai dan keyakinan yang baru yang dapat melawan nilai dan keyakinan yang lama (usang). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa “buku” adalah ide dasar yang dapat memicu proses suatu kelompok masyarakat.
Menurut Sutisna (2001), setiap orang dipastikan memiliki kelompok (reference group) di mana di dalamnya ada kesamaan nilai dan keyakinan yang dinaut bersama dan setiap anggota berusaha merujuk pada nilai-nilai dan karakter kelompok dalam tindakan sehari-hari. Hal itu menjadi sebuah fenomena yang menarik, ketika kita melihat dari sisi sejarah para penerbit buku non-diktat ini terbentuk. Penerbit LKIS, misalnya, terbentuk dari sekumpulan aktivias gerakan dan pers IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang mempunyai pandangan sama untuk mengembangkan kajian mengenai Islam dan Sosial Budaya. Di Jakarta, penerbit buku-buku serupa yang sering juga disebut sebagai penerbit buku alternative, yakni penerbit yang dimotori oleh para mantan aktivis, antara lain Penerbit Akubaca, Yayasan Bambu dan Lintas Batas.
Lebih jauh, di dalam pemasaran, seperti dikatakan oleh Peter & Olson (1999) dan Henry Assael (2001) , terkait erat dengan upaya dalam menganalisis perilaku konsumen dalam menentukan keputusan membeli suatu produk. Perilaku konsumen tersebut dapat dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu: (1) faktor individu konsumen (faktor internal), dan (2) pengaruh-pengaruh lingkungan/kelompok (faktor eksternal)—meskipun sebetulnya ada faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi perilaku konsumen, seperti stimuli pemasaran, namun hal itu terkait erat dengan strategi bauran pemasaran yang terlalu luas jika dimasukkan dalam tema yang dibahas pada penelitian ini.
Faktor yang pertama, yaitu faktor individu konsumen, terkait erat dengan kebutuhan, persepsi terhadap karakteristik merek/produk, sikap, kondisi demografis, gaya hidup dan karakteristik kepribadian individu konsumen. Persepsi dan kebutuhan konsumen dapat berbentuk loyalitas terhadap suatu merek (brand loyalty), dan kesadaran dalam bentuk kognitif terhadap suatu merek (brand aware) yang berupa kualitas isi, pelayanan, maupun kemasan suatu barang.
Adapun faktor yang kedua, yaitu faktor pengaruh-pengaruh dari lingkungan/kelompok, dapat dirinci sebagai berikut: (1) lingkungan (environment), adalah semua karakteristik fisik dan sosial dari dunia eksternal konsumen yang mempengaruhi tindakan konsumen; (2) kebudayaan (culture), ialah makna yang dimiliki bersama oleh (sebagian besar) masyarakat dalam suatu kelompok sosial. Budaya diyakini oleh para pakar memiliki pengaruh kuat terhadap konsumen, khususnya dalam keputusan untuk membeli suatu produk; (3) keluarga (family), adalah aspek lingkungan sosial mikro bagi konsumen. Interaksi yang terjadi di dalam keluarga mampu menimbulkan pengaruh terhadap afeksi dan kognisi bagi konsumen di dalam membeli suatu produk; (4) grup referensi (reference groups), ialah sekumpulan orang yang sangat akrab dengan individu konsumen, yang sering kali memberikan advis, pengarahan, dan pemikiran yang mempengaruhi pola konsumsi mereka; (5) kelas sosial (social class), merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai tingkat tertentu yang memiliki nilai dan sikap yang berbeda dari kelompok tingkatan lain. Orang-orang dalam kelas sosial tertentu cenderung memiliki perilaku, kebiasaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari, yang dengannya mempengaruhi pula pola konsumsi mereka.
Teori dari Peter & Olson dan Henry Assael di atas, merupakan teori yang akan menjadi kerangka pemikiran dalam penelitian ini. Penerapannya adalah berusaha untuk menganalisis faktor apa—dari kedua faktor utama perilaku konsumen di atas—yang berpengaruh dominan terhadap konsumen dalam keterlibatannya membeli produk yang berupa buku-buku ke-Islaman.
Berdasarkan alasan tersebut, maka dalam penyusunan skripsi ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai “Analisa Faktor-faktor Perilaku Konsumen dalam Keterlibatannya Membeli Produk Buku-buku Keislaman: Studi Kasus Para Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam di Lingkungan Universitas Indonesia.”

1.2 Perumusan Masalah
Dalam penelitian ini, sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, secara sistematis penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
File Selengkapnya.....


Source Code ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :


Project-G
Judul: Faktor-Faktor Perilaku Konsumen
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2

Anda sedang membaca artikel tentang Faktor-Faktor Perilaku Konsumen, Semoga artikel tentang Faktor-Faktor Perilaku Konsumen ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link Faktor-Faktor Perilaku Konsumen.


Posted by: Metode Algoritma Updated at: 23.36

Label

makalah Ekonomi Manajemen skripsi Sistem Informasi info menarik Lain - Lain judul skripsi judul fix Syariah Blogging Contoh Skripsi RPP dan Silabus File Skripsi Programming Software Contoh Makalah Tutorial Hardware Education JASA REVIEW Farmasi Hukum tesis Jual Beli Contoh Surat Teknologi Informasi Download Skripsi Contoh Karya Ilmiah Ilmu Komunikasi Kontes SEO Sistem operasi trik Batik Ushuluddin free Tarbiyah tips Download judul Contoh Kalimat Contoh Sinopsis Pendidikan Utility Contoh Proposal Akbid TESIS HUKUM info Biasiswa informatika Contoh Tugas Akhir Fak. Dakwah Berita Contoh Naskah Wawasan buku menarik programing Browser Contoh Artikel Contoh Tesis Download Manager KESEHATAN MASYARAKAT TESIS AKUNTANSI TESIS KESEHATAN MASYARAKAT TESIS PENDIDIKAN TESIS SDM windows windows 8 Gratis TESIS MAP TESIS PERTANIAN TESIS PSIKOLOGI Visual Basic antivirus contoh office virus Contoh Karya Tulis Internet Kumpulan Judul Skripsi Pelajaran RPP Bahasa Inggris TESIS BAHASA DAN SASTRA TESIS ILMU SOSIAL TESIS KEDOKTERAN TESIS MEP TESIS MPKD TESIS TEKNIK SIPIL activator editor microsoft security teknik informatika Contoh Puisi Fak. Adab Game IDM Modul Praktikum TEKNIK EKONOMI TESIS ELEKTRO TESIS ILMU KOMUNIKASI TESIS ILMU POLITIK TESIS MAGISTER MANAJEMEN TESIS TEKNIK LINGKUNGAN Video Web converter ebook handphone ilmu komputer ipo kumpulan software repair tugas akhir Donwload skripsi Download Source code Download laporan kuliah kerja lapangan Ekonomi Kumpulan Jurnal PTK Perpustakaan Recorder TESIS ARSITEKTUR TESIS KETAHANAN NASIONAL TESIS KOMUNIKASI TESIS LINGKUNGAN TESIS MIPA TESIS MM TESIS TEKNIK TESIS TEKNIK INDUSTRI Tips dan Trik a aktivasi windows 7 analisis laporan keuangan aplikasi android cara mengganti theme cash flow performances ebook gratis facebook foto free serial number jasa skripsi informatika karakteristik skripsi metode penelitian pdf project skripsi adalah skripsi gratis skripsi teknik informatika tips memilih antivirus 08 TESIS MM AGRIBISNIS 09 TESIS http://www.blogger.com/img/blank.gifMM KEUANGAN ABSORPTIVE CAPACITY AGRO ARSITEKTUR Akad Murabahah Akuntabilitas Publik Akuntansi Analisa Sumber dan Penggunaan Modal Kerja B. Indonesia Bejubel Market Place Terbaik Indonesia Bimbingan Skripsi Informatika Budaya Organisasi Buddha CHANNEL RICHNESS Campuran Cara Mendapatkan File Skripsi Chang'an Daftar Isi Blog Download laporan kuliah kerja praktek EKONOMI PERTANIAN EXTRINSIC MOTIVATION Earnings Ekonomi Dan Studi pembangunan Evelyn Underhill Fisika Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Indonesia Informasi Jurnal Komitmen Organisasi Komunikasi Kuliner Manajemen Marcus Aurelius Mediafire Movie PETERNAKAN Pendidikan Bahasa Inggris Psikologi RPC RPP Bahasa Indonesia SKRIPSI MAP Surat Lamaran Kerja TEKNIK SIPIL TESIS ANTROPOLOGI TESIS EKONOMIKA PEMBANGUNAN TESIS FILSAFAT TESIS FINANCE/AKT TESIS HUBUNGAN INTERNASIONAL TESIS ILMU KESEHATAN TESIS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA TESIS ILMU PERTANIAN TESIS INFORMATIKA/KOMPUTER TESIS KEHUTANAN TESIS KEPERAWATAN TESIS KEPERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TESIS KOMPUTER DAN ELEKTRONIKA TESIS MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK TESIS MAGISTER EKONOMIKA PEMBANGUNAN TESIS MAGISTER MANAJEMEN - PELAYANAN TESIS MM OPERASI-PRODUKSI TESIS MM PEMASARAN TESIS MM/STRATEGI TESIS OLAHRAGA TESIS SAINS TESIS SASTRA TESIS SEJARAH TESIS SUMBER DAYA MANUSIA TESIS SYARIAH TESIS TARBIYAH TESIS TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI TESIS TEKNIK KIMIA TESIS TEKNIK MESIN William Wordsworth XL Youtube aaa blog about wazzub adf.ly adfly alat doraemon alat doraemon di dunia nyata analisa modal kerja analisa pengembalian kredit analisis keuangan analisis pembiayaan android vs blackberry antivirus terbaik apa antivirus yang bagus audio bagaimana memilih antivirus bitdefender cFosSpeed cara buat aplikasi android cara membuka file cara mengatasi blue screen cara menghemat baterai pada android cara sms gratis compare antivirus daya fisik download JPGtoPDF download aplikasi download laporan kkp download skripsi gratis download subtitle editor e e-KTP efektivitas fb.me file hidden format flashdisk gadget inafis indosat internet error iphone jadwal pameran komputer 2012 jasa bimbingan skripsi jasa bimbingan skripsi informatika jasa skripsi teknik informatika jasa tesis sistem informasi jejaring sosial judul TA informatika judul skripsi akuntansi judul skripsi ekonomi judul skripsi informatika judul skripsi manajemen judul skripsi teknik informatika jurnal informatika jurusan informatika juul skripsi kajian pustaka kekurangan linux kelebihan jurusan informatika kelebihan linux kelebihan listrik prabayar kemiripan merk keunggulan listrik prabayar koneksi internet konsultan skripsi konsultan skripsi informatika konsultan tesis konsultan tugas akhir kredit laba bersih laptop terbaik laptop yang bagus listrik prabayar makalah skripsi informatika makalah skripsi teknik informatika membuat logo sendiri mengevaluasi perkembangan usaha meningkatkan tarfik menu lain google chrome merawat ponsel merk merk laptop terawet metode rasio modal kerja pemberian kredit pembuatan skripsi informatika pendapatan penjualan kredit penyebab printer error penyingkat url penyusunan skripsi perbaiki flashdisk perbedaan perbedaan blackberry dn android perkembangan usaha perputaran piutang photo ponsel terkena air populasi prestasi kerja printer canon ip1880 error profitabilitas referensi skripsi remaja rentabilitas sampel semangat kerja serial key setting windows 7 shari'ah sistem situs edit foto online skip ad skripsi download skripsi sistem informasi skripsi ti sms banking ta tag facebook tesus theme windows xp tinjauan hukum terhadap kemirikan merk tips skripsi transaksi online unik virus facebook virus fb wazzub adalah widows xp