|
Metode dan Algoritma | SISTEM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN ARAB PEGON DI PONDOK PESANTREN AL MA'RUF BANDAR LOR KOTA KEDIRI . Anda bisa melakukan konsultasi tentang SISTEM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN ARAB PEGON DI PONDOK PESANTREN AL MA'RUF BANDAR LOR KOTA KEDIRI melalui form di samping kanan !!!
judul skripsi : SISTEM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN ARAB PEGON DI PONDOK PESANTREN AL MA'RUF BANDAR LOR KOTA KEDIRI
format : doc (Ms. Word)
ukuran : A4
Jumlah halaman : 93
kutipan :
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah menguraikan dan menganalisis proses penerjemahan kitab kuning dengan menggunakan Arab pegon pada santri Madrasah Salafiyah III, Komplek Q, Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta, maka penulis dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut:
- Proses penerjemahan kitab kuning dengan Arab pegon ini mengungkap tiga hal, yaitu (1) isi atau pesan (2) unsur linguistik teks dan (3) unsur ekstralinguistik teks.
- Problematika penerjemahan kitab kuning dengan Arab pegon yang timbul pada santri terbagi menjadi dua katagori, yaitu (1) Problem linguistik, mencakup morfologis, sintaksis, semantik, dan restrukturisasi. (2) Problem non linguistik, mencakup kurangnya penguasaan bahasa sumber dan bahasa sasaran, perbedaan tata cara penulisan antara huruf Arab yang berbahasa Arab dengan penulisan Arab pegon, kesulitan materi kitab yang diterjemah, serta kondisi pada saat menerjemahkan.
- Setiap santri selalu mengharapkan bahwa apa yang dipelajarinya dapat membuat pengetahuan keilmuannya bertambah, namun ternyata tidak semua santri dapat sukses mendapatkannya. Problem yang dialami santri dalam hal ini yaitu; mutu pengajaran, persoalan penggunaan bahasa, kecepatan menangkap pelajaran, ketekunan santri, waktu yang tersedia untuk belajar.
- Problem yang muncul ketika santri mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain atas pembacaan kitab kuning yang menggunakan Arab pegon, yaitu; problem gramatika bahasa, penggunaan metode terjemahan kata demi kata, bahasa yang digunakan, kesulitan materi, dan kesanggupan untuk memahami pengajaran.
- Kelebihan penggunaan Arab pegon yaitu;
a. Memperlihatkan semua unsur teks yang ada
b. Santri dapat mengetahui kedudukan kalimat dalam setiap tulisan
c. Menggunakan simbol-simbol linguistik tertentu yang memudahkan santri mengetahui kedudukan kalimat
d. Mendapatkan banyak kosakata
e. Para santri dapat menghayati dzauqul arabiyah. (rasa bahasa)
f. Menggunakan Arab pegon berarti sedikit banyak kita telah berusaha menjaga kelestarian khasanah budaya Nusantara, khususnya budaya bahasa Jawa.
6. Kekurangannya penggunaan Arab pegon, yaitu membutuhkan waktu yang
lama dan tenaga pengajar yang banyak
>> download skripsi lengkap
ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2